2. Customer Focus (Pengguna)

No Kategori Objek Kriteria Penilaian   Eviden
1 2 3 4   5
2 Customer Focus Ketua Pengadilan Maklumat Pelayanan 1 Penetapan Standar Maklumat Pelayanan
2 Deklarasi
3 Maklumat layanan yang dipublikasikan melalui banner/bingkai yang diletakkan diruan pelayanan
Standar Pelayanan Pengadilan 1 Penetapan Standar Pelayanan Pengadilan dalam bentuk SK
2 Undangan, Daftar Hadir dan Notulen Sosialisasi
3 Laporan Layanan Informasi
Publikasi Putusan 1 SOP One Day Publish
2 Screen Shoot SIPP upload putusan
3 SK Tim Publikasi putusan, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
4 Laporan Ketua Majelis Kepada Ketua PA 
5 Laporan bulanan tentang publikasi putusan
6 Undangan Evaluasi
7 Daftar Hadir Monev terhadap one day publish
8 Notulen Rapat
PMH 1 SOP Penetapan Majelis Hakim
2 Dokumen PMH dan Screen Shoot PMH pada SIPP
Manajemen Resiko 1 Prosedur Mutu Manajemen Resiko
2 SK tentang Tim Penyusunan Risk Register, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Analisis SWOT
4 Risk Register dan Monitoring Resiko
5 Sasaran Mutu dan Monitoring Sasaran Mutu
6 Pengendalian Peluang dan Monitoring Pengendalian Peluang
7 Monitoring Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Form HIRADC
8 Penanganan Tanggap Darurat
Pengawasan atas pelaksanaan Court Calender 1 Instruksi Kerja Pelaksanaan Court Calender
2 Laporan Pelaksanaan Court Calender
3 Jadwal Rapat Evaluasi Pelaksanaan Court Calender
4 Undangan, daftar hadir dan notulen evaluasi pelaksanaan court calender
Panitera Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti 1 SOP Penunjukan Panitera dan Jurusita/Jurusita Pengganti
2 Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti, Jurusita/Jurusita Pengganti dan screenshoot di SIPP
Sekretaris Pemanfaatan Ruang tamu terbuka  1 SK Penetapan Ruangan
2 Daftar Barang Ruangan
3 Sarana Prasarana ruang tamu terbuka meliputi satu set kursi tamu, kalender, bahan bacaan, jam dinding
Panitera Penyimpanan uang konsinyasi 1 SOP Pelayanan Konsinyasi
2 Buku Register Konsinyasi
3 Bukti Pengelolaan uang konsinyasi (Berita Acara, Tanda Terima)
4 Pelaporan uang konsinyasi
Hakim Pengawas Bidang Pelaksanaan Hakim Pengawas Bidang 1 SOP tentang Pengawasan Bidang
2 SK Tim Hakim Pengawas Bidang,meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Jadwal, Program dan Lembar Temuan Pengawasan
4 Laporan Hawasbid
Hakim Pengawas dan Pengamat (Khusus untuk perkara jinayat) Pelaksanaan Hakim Pengawas dan Pengamat 1 SOP tentang Pengawasan dan Pengamat
2 SK Tim Hakim Pengawas dan Pengamat, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Jadwal, Program dan Lembar Temuan Pengawasan dan Pengamatan
4 Laporan Hawasmat
Hakim  Minutasi Berkas Perkara 1 SOP Minutasi 1 (satu) hari
2 Laporan Minutasi
3 Sample Berkas Perkara
4 Input Minutasi Perkara ke SIPP
Berita Acara Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan
2 Catatan persidangan di Court Calender
3 Instrumen persidangan yang sudah diisi dan diparaf/ditandatangani
4 BAS yang sudah ditandatangani paling lama 1 hari sebelum sidang berikutnya
Penetapan Hari Sidang 1 SOP Penetapan Hari Sidang
2 Dokumen PHS yang sudah ditandatangani dan Screenshoot PHS pada SIPP
Penundaan Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan
2 Instrumen penundaan sidang yang sudah diisi dan diparaf/ditandatangani
3 BAS yang sudah ditandatangani
4 Catatan persidangan di Court Calender
Hakim (Perkara Jinayat) Pembuatan Instrumen PHS ke Jaksa 1 SOP Penetapan Hari Sidang
2 Bukti Instrumen Pemberitahuan hari Sidang Kepada Jaksa yang ditandatangi hakim/ketua majelis
Tim Survey Kepuasan Masyarakat Pelaksaan Survey Kepuasan Masyarakat 1 Prosedur Mutu Survey Kepuasan Masyarakat
2 SK Tim SKM, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Time schedule SKM
4 Kuisioner
5 Laporan SKM
6 CPAR Hasil SKM
7 Undangan, Daftar Hadir dan Notulen Pembahasan Hasil SKM
Asessor Internal Pelaksanaan Asessmen Internal 1 Prosedur Mutu Asessmen Internal
2 SK Tim Asessor Internal, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Program Asesmen Internal Tahunan
4 Jadwal Pelaksanaan Asessmen Internal
5 Ceklis Hasil Asessmen Internal
6 Permintaan Perbaikan
7 Undangan dan daftar hadir Opening Meeting
8 Undangan dan daftar hadir Clossing Meeting
Panitera Muda Hukum Standar pelayanan Pemberian Informasi Publik dan Pengaduan di Pengadilan 1 SOP Layanan Informasi Berbasis TI
2 Meja informasi, petugas informasi dan papan nama
3 Jadwal pembagian tugas petugas informasi
4 SK Ketua PA/MS tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi,meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
  5 SK Ketua PA/MS tentang jenis informasi di pengadilan
  6 SK Ketua PA/MS tentang standar layanan informasi
  7 Formulir pernyataan keberatan atas Layanan informasi
  8 Register keberatan permohonan informasi
  9 Surat tanggapan keberatan atas Layanan informasi
  10 Laporan layanan informasi dari petugas informasi kepada pimpinan PA/MS
  11 Laporan layanan informasi dari PA/MS ke PTA/MS Aceh
  12 Laporan layanan informasi di laporan tahunan  PA/MS
  13 Bagan layanan informasi permohonan informasi berbasis TI
  14 Kertas kerja monitoring dan evaluasi layanan informasi
  15 Komputer yang terkoneksi dengan SIPP dan printer
  16 Formulir-formulir permohonan informasi
  17 Buku Register Informasi
  18 TV Media/Monitor
Pengaduan 19 SOP tentang prosedur pengaduan
  20 SK Ketua PA/MS tentang penunjukan petugas layanan pengaduan, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
  21 Permohonan pengaduan
  22 Register laporan pengaduan masyarakat
  23 Laporan ke Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI
  24 Arsip laporan pengaduan
  25 SK Ketua PA/MS tentang penunjukan tim pemeriksa pengaduan, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
  26 Berita acara hasil pemeriksaan pengaduan
  27 Arsip hasil pemeriksaan terlapor
  28 Surat keputusan dari pejabat yang berwenang atas hasil pemeriksaan
  29 Kotak Saran dan Pengaduan dilengkapi dengan alat tulis dan kertas
  30 Meja Pengaduan, petugas pengaduan dan papan nama
  31 Komputer yang terkoneksi dengan SIWAS MARI
  32 CPAR tentang pemberian informasi
  33 Sarana Survey Harian (puas/tidak puas terhadap pelayanan pengadilan)
Panitera Muda Hukum Pos Bantuan Hukum (Posbakum) 1 SOP layanan pos bantuan hukum
2 Bagan layanan  pos bantuan hukum
3 SK Ketua PA/MS tentang penggunaan ruangan dan perlengkapan pos bantuan hukum
4 SK Ketua PA/MS tentang penetapan konsultan jasa bantuan hukum
5 Surat perjanjian kerja (kontrak)
    6 Absensi petugas Posbakum
    7 Jadwal piket petugas Posbakum
    8 Register layanan bantuan hukum
    9 Laporan bulanan penyedia jasa kepada PA/MS
    10 Laporan bulanan dari PA/MS kepada PTA/MS Aceh
    11 Laporan evaluasi pelaksanaan bantuan hukum oleh PA/MS
Panitera Muda Gugatan Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti (Pengelolaan Dokumen Penunjukan) 1 SOP Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti
2 Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti dan screenshoot di SIPP untuk perkara gugatan
Panitera Muda Gugatan Panjar Biaya Perkara 1 SOP Pembayaran Panjar Biaya Perkara
  2 SK Penetapan Panjar Biaya Perkara
  3 Publikasi panjar biaya perkara melalui website dan banner/papan pengumuman
  Penundaan Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan
  2 Buku kendali persidangan yang sudah diisi
  3 Register perkara
  4 Instrumen penundaan sidang yang sudah diisi dan diparaf/ditandatangani
  Alur Gugatan Sederhana 1 SOP Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana
  2 Undangan, daftar hadir dan notulen sosialisasi Penyelesaian Gugatan Sederhana
  3 Register gugatan sederhana
  4 Laporan gugatan sederhana
  5 Informasi tentang gugatan sederhana melalui banner dan website
  Kesesuaian Layanan 1 SOP Layanan (Informasi TI, Posbakum, Sidang di Luar Gedung, Penerimaan Perkara, Pembayaran Panjar Biaya perkara, sidang terpadu, persidangan, mediasi, pemanggilan, penetapan hari sidang, pemberitahuan isi putusan, sita, banding, kasasi, pk, penerbitan dan
  2 Hasil Survey Harian
  Pelaksanaan Mediasi 1 SK Ketua MS/PA tentang Penetapan Mediator
  2 Daftar Nama Mediator
  3 Ruang Mediasi yang refresentatif
  4 SOP layanan Mediasi
  5 Buku Register Mediasi
  6 Laporan Mediasi
  Pelayanan Kasasi 1 SOP tentang prosedur Layanan Kasasi
  2 Pemberitahuan isi putusan Banding/Penetapan Tingkat Pertama
  3 instrumen taksiran panjar biaya kasasi
  4 Bukti Pembayaran Biaya Perkara kasasi melalui rekening virtual
  5 SKUM yang sudah distempel lunas
  6 Akta pernyataan kasasi
  7 Buku Bantu Keuangan Perkara Kasasi
  8 Buku Kas Umum Keuangan Perkara Kasasi
  9 Buku register Kasasi
  10 Instrumen pemberitahuan Pernyataan Kasasi
  11 Relaas pemberitahuan Pernyataan Kasasi
  12 Tanda terima memori kasasi
  13 Instrumen pemberitahuan Pernyataan Kasasi
  14 Relaas pemberitahuan Memori Kasasi kepada Termohon Kasasi
  15 Kontra memori kasasi dan Tanda terima kontra memori kasasi
  16 Bukti kirim dokumen elektronik di Direktori Putusan (Screenshoot)
  17 Bukti Pengiriman berkas Kasasi
  Pelayanan Banding 1 SOP tentang prosedur Layanan banding
  2 Pemberitahuan isi putusan
  3 Instrumen taksiran panjar biaya perkara banding
  4 Bukti setoran pembayaran ke Bank
  5 SKUM yang sudah dicap lunas
  6 Akta pernyataan banding
  7 Buku bantu keuangan perkara banding
  8 Buku kas umum keuangan perkara banding
  9 Buku register permohonan banding
  10 Intrumen Pemberitahuan Pernyataan Banding
  11 Relaas pemberitahuan pernyataan banding
  12 Tanda terima memori banding
  13 Instrumen Perintah Pemberitahuan memori banding
  14 Relaas pemberitahuan memori banding
  15 Tanda terima kontra memori banding
  16 Instrumen perintah pemberitahuan  kontra memori banding
  17 Relaas pemberitahuan memori banding
  18 Instrumen pemberitahuan inzage kepada Pembanding dan Terbanding
  19 Relaas pemberitahuan inzage kepada Pembanding dan Terbanding
  20 Surat keterangan melaksanakan/tidak inzage Pembanding dan Terbanding
  21 Instrumen pengiriman biaya proses ke PTA/MS Aceh
  22 Bukti pengiriman biaya perkara banding ke PTA/MS Aceh
  23 Buku bantu keuangan perkara banding
  24 Buku kas umum keuangan perkara banding
  25 Surat Pengantar pengiriman bundel A dan B ke PTA/MS Aceh
  26 Bukti pengiriman berkas banding
Panmud Permohonan Penunjukan Jurusita/Jurusita Pengganti (Pengelolaan Dokumen Penunjukan) 1 SOP Penunjukan Jurusita/Jurusita Pengganti
2 Screen Shoot Penunjukan Jurusita/ Jurusita Pengganti di SIPP untuk perkara permohonan
Panjar Biaya Perkara 1 SOP Pembayaran Panjar Biaya Perkara
2 SK Penetapan Panjar Biaya Perkara
3 Publikasi panjar biaya perkara melalui website dan banner/papan pengumuman
Kesesuaian Layanan 1 SOP Layanan (Informasi TI, Posbakum, sidang di luar gedung, penerimaan perkara, pembayaran panjar biaya perkara, sidang terpadu, persidangan, mediasi, pemanggilan, penetapan hari sidang, pemberitahuan isi putusan, kasasi, pk)
2 Hasil Survey Harian
Pelayanan Kasasi 1 SOP tentang prosedur Layanan Kasasi
2 Pemberitahuan isi putusan Banding/Penetapan Tingkat Pertama
3 instrumen taksiran panjar biaya kasasi
4 Bukti Pembayaran Biaya Perkara kasasi melalui rekening virtual
5 SKUM yang sudah distempel lunas
6 Akta pernyataan kasasi
7 Buku Bantu Keuangan Perkara Kasasi
8 Buku Kas Umum Keuangan Perkara Kasasi
9 Buku register Kasasi
10 Instrumen pemberitahuan Pernyataan Kasasi
11 Relaas pemberitahuan Pernyataan Kasasi
12 Tanda terima memori kasasi
13 Instrumen pemberitahuan Pernyataan Kasasi
14 Relaas pemberitahuan Memori Kasasi kepada Termohon Kasasi
15 Kontra memori kasasi dan Tanda terima kontra memori kasasi
16 Bukti kirim dokumen elektronik di Direktori Putusan (Screenshoot)
17 Bukti Pengiriman berkas Kasasi
Panmud Jinayat Proses Penundaan Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan
2 Sreen Shoot penundaan sidang pada SIPP
Pelayanan Kasasi 1 SOP permohonan kasasi 
2 Surat keterangan permohonan kasasi
3 Buku register kasasi
4 Bukti penyerahan pemberitahuan kasasi
5 Memori kasasi
6 Surat penyerahan memori kasasi
7 Kontra memori kasasi
8 Surat penyerahan kontra memori kasasi
9 Bukti pengiriman berkas kasasi
Pelayanan Banding 1 SOP permohonan banding
2 Surat permohonan banding
3 Akta permohonan banding
4 Buku register banding
5 Surat  pemberitahuan banding (relaas)
6 Tanda terima memori banding
7 Memori banding
8 Surat penyerahan memori banding
9 Tanda terima kontra memori banding
10 Kontra memori banding
11 Surat penyerahan kontra memori banding
12 Surat pemberitahuan untuk mempelajari berkas perkara
13 Bukti tanda terima penyampaian pemeriksaan berkas
14 Berita acara pemeriksaan berkas
15 Surat keterangan tidak memeriksa berkas
16 Bukti pengiriman berkas banding bundel A dan bundel B ke MS Aceh
Panitera Pengganti Berita Acara Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan
2 BAS pada SIPP
3 BAS yang dibuat PP harus sudah selesai 1 hari sebelum sidang berikutnya
Penundaan Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan
2 Sreen Shoot penundaan sidang pada SIPP (paling lambat 1x24 jam)
Minutasi Berkas Perkara 1 SOP Minutasi 1 (satu) hari
2 Laporan Minutasi
3 Sample Berkas Perkara
Jurusita / Jurusita Pengganti Panggilan/ delegasi panggilan 1 SOP Pemanggilan 
2 Relaas / delegasi harus dilaksanakan paling lama 2 hari kerja setelah surat tugas keluar
Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana Pelaksanaan Absensi 1 SOP Absensi Pegawai
2 SOP Pengelolalaan Cuti Pegawai
3 SK Tim Pemantau Disiplin, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
4 Absensi Masuk, pulang dan Jam Istirahat finger print
5 Absensi Masuk, pulang dan Jam Istirahat manual
6 Izin Tidak masuk kerja
7 Izin keluar kantor pada jam dinas
8 Surat Cuti
9 Surat Tugas
Izin Keluar Kantor 1 SOP Izin Keluar Kantor
2 Surat pengajuan izin keluar kantor
3 Surat Persetujuan izin keluar kantor dari Atasan
Data Kepegawaian 1 SOP Pengelolaan Data Pegawai
2 Peta Jabatan
3 Analisa Jabatan
4 Analisa Beban Kerja
5 Rencana Kebutuhan Pegawai
6 Daftar Urutan Kepangkatan (DUK)
Umum dan Keuangan  Pengelolaan Tata Naskah Dinas 1 SOP Pengelolaan Tata Naskah Dinas
2 SOP Pengarsipan Naskah Dinas
3 Agenda Surat masuk dan keluar
4 Lembar Disposisi, Kartu Kendali, dan Lembar Pengantar
5 Buku Kendali Arsip
Labelisasi BMN 1 SOP Penatausahaan Aset
2 Penomoran BMN melalui aplikasi SIMAK BMN
Daftar Barang Ruangan 1 SK Penanggungjawab Ruangan dan job desc
2 Pembuatan DBR melalui aplikasi SIMAK BMN
Layout jalan masuk dan keluar 1 Terpisahnya pintu masuk keluar gedung pengadilan
2 Terdapat rambu-rambu yang menunjukkan pintuk masuk dan keluar
Lahan parkir 1 Terdapat rambu petunjuk parkir kendaraan roda 2 dan 4 
2 Terdapat pemisahan parkir antara pengunjung dan pegawai
3 Petugas parkir gratis tanpa dipungut biaya
Jalur evakuasi dan titik kumpul 1 jalur evakuasi di setiap sudut gedung pengadilan yang mengarah ke titik kumpul dan terlihat pada denah gedung
2 titik kumpul evakuasi yang terletak di dekat pintu keluar lokasi pengadilan dengan lokasi yang cukup untuk semua pegawai
Tanggap darurat dan kebakaran 1 Pelaksanaan simulasi tanggap darurat dan kebakaran ditandai dengan Berita Acara
Jalan masuk gedung pengadilan 1 Jalan masuk gedung pengadilan 1 pintu dan terpantau oleh petugas security dan atau CCTV
2 Ada pos jaga di pintu masuk gedung pengadilan dilengkapi dengan CCTV
Fasilitas penyandang difabel 1 jalur untuk difabel
2 toilet untuk difabel
3 kursi roda
Tersedianya papan informasi 1 Banner Visi dan Misi
2 Papan Nama Hakim dan Pejabat
3 Papan Nama Mediator
4 Alur berperkara
5 Alur Pengaduan
6 Alur Pengajuan dan pelayanan bantuan hukum
7 Alur pengajuan gugatan sederhana
8 Informasi Biaya Perkara
Alat Pemadan Api Ringan (APAR) 1 Sarana Alat Pemadam Kebakaran ringan di gedung pengadilan dilengkapi dengan petunjuk penggunaan
2 Lampu darurat (emergency lamp)
3 P3K
4 Rekomendasi Dinas Pemadam Kebakaran setempat
5 Simulasi pemadaman kebakaran dan tanggap darurat
6 Alarm Fire System
Kebersihan lingkungan 1 SOP Pemeliharaan lingkungan
2 Jadwal Petugas Kebersihan yang terupdate
3 Ceklis Kebersihan ruangan yang terupdate
Pemeliharaan sarana dan prasarana 1 SOP Penatausahaan Aset
2 Rencana Pemeliharaan
3 Realisasi Pemeliharaan
4 Kartu Kendali Pemeliharaan
Penempatan CCTV 1 Penempatan CCTV di beberapa titik (ruang sidang, ruang layanan, halaman, tempat-tempat strategis lainnya)
Petugas Keamanan 2 SOP Keamanan
3 Jadwal Petugas Keamanan
4 Ceklis Kelengkapan Sarana Keamanan
5 Petugas Keamanan yang bersertifikat
Sarana Pendukung 1 Ruang Posbakum dan DBR
2 Ruang jaksa (khusus MS) dan DBR
3 Ruang Penasehat Hukum dan DBR
4 Ruang Laktasi dan DBR
5 Ruang tunggu pengunjung dan DBR
6 Ruang Kesehatan dan DBR
7 Ruang Perpustakaan dan DBR
Informasi Anggaran 1 Papan informasi tentang Laporan Realisasi Anggaran yang update
2 Laporan Realisasi Anggaran yang terpublikasi
Transparansi 1 RKAKL yang terpublikasi melalui website dan papan informasi
2 DIPA yang terpublikasi melalui website dan papan informasi
Perencanaan, IT dan Pelaporan Standarisasi Website 1 Content menu website yang sesuai dengan ketentuan SK Dirjen Badilag Nomor 003.a/DjA/SK/I/2015 tentang Pedoman Pelayanan Informasi melalui website di lingkungan PA